Kamis, September 23, 2004

Wisata di Sentosa Island, Singapore

Wisata ke pulau Sentosa (Sentosa Island) Singapore ini kami (saya dan Pak Rachmat) lakukan untuk mengisi waktu menunggu proses permohonan single entry visa di kantor Perwakilan Malaysia (High Commission of Malaysia) di Singapore.

Dari gedung High Commission kami menumpang taxi menuju pulau Sentosa. Sesampai di gerbang masuk pulau tersebut, kami diminta untuk membayar tiket masuk sebesar $Sin 2/orang. Sejurus kemudian kami diturunkan di Pusat Kedatangan Pengunjung (Visitor Arrival Centre). Dari sana kami menuju ke Stasiun Monorail untuk menikmati naik monorail gratis berkeliling pulau. Dari atas monorail kami mengamati situasi dan lokasi setiap "anjungan" sambil mencocokkannya dengan peta yang kami bawa. Kebetulan karena bukan hari liburan/cuti, maka penumpang monorail tak pernah penuh, malahan kadang sering kosong/lengang. Hal ini kami manfaatkan untuk berkeliling berputar lokasi berkali-kali. Setelah kami tetapkan lokasi yang akan dikunjungi, kami segera turun di stasiun monorail yang dekat kawasan tersebut.

Peta lokasi Sentosa Island

Dari anjungan satu ke yang lain kadang kami tempuh dengan berjalan kaki, kadang dengan sarana transportasi gratis yang disediakan pengelola kawasan wisata Sentosa Island. Selain monorail, pengelola menyediakan sarana transportasi bus ber AC dengan jalur-jalur tertentu, diantaranya: Bus jalur biru (blue line), Bus jalur hijau, jalur kuning, dan jalur merah. Untuk kawasan tepi pantai, tersedia sarana transportasi bus terbuka dengan nama Siloso beach line. Juga tersedia kereta pantai "Beach train".

Di kawasan pulau kecil ini tersedia banyak anjungan (island attractions), kafetaria (food & beverages), penginapan (accomodation), dan parkir kendaraan pengunjung (public carparks). Dari kunjungan pendahuluan yang singkat ini, kami berkesimpulan bahwa Pemerintah Singapura betul-betul memanfaatkan pulau kecil ini (sebagiannya juga direklamasi) untuk memanjakan para wisatawan sepenuhnya, dengan perencanaan matang dan pengelolaan yang profesional. Lingkungan yang bersih, teratur dan rapi serta aman, sangat mendukung kenikmatan wisata di sini.

Terakhir sebelum meninggalkan kawasan Sentosa ini, kami berencana untuk kali lain dan pada kesempatan lain akan kami ajak keluarga (terutama anak-anak) untuk berkunjung ke sini. Insya Allah....

oooOOOooo