Kamis, September 23, 2004

Mengurus Single Entry Visa di Singapore

Saat masuk ke Malaysia pada 26 Agustus 2004 yang lalu, saya belum sempat mengurus single entry visa di Kedubes Malaysia di Jakarta. Sehingga pada saat itu saya menggunakan fasilitas bebas visa yang dikhususkan bagi warganegara ASEAN, untuk tinggal di Malaysia dalam masa waktu kurang dari sebulan.

Hari ini dengan berbekal surat pengantar dari UTM dan Imigresen Malaysia, saya harus mengurus single Entry Visa di High Commission of Malaysia di Singapore. Selepas sholat Shubuh, jam 06.00 dengan diantar pak Rachmat, kami berangkat ke Singapore naik Taxi dari kampus UTM dengan kadar tambang sebesar RM 50,-. Kami memasuki Singapore melalui pintu gerbang Woodlands (Woodlands Checkpoint). Pemeriksaan pasport alhamdulillah berlangsung lancar dan tak ada kendala apapun.

Tepat pukul 07.05 waktu Singapore, kami tiba di Perhentian Taxi di Kawasan Queen Street. Segera kami berganti taxi lokal yang akan mengantarkan kami ke High Commission of Malaysia, di 30, Hill Street #02-01, Singapore 179360. Setelah membayar ongkos taxi $Sin 6, kami segera menuju pintu masuk gedung perwakilan Malaysia di Singapore itu.


Peta lokasi High Commission of Malaysia di Hill Street, Singapore

Jam menunjukkan 07.30, tampak sudah banyak antrean di depan gedung. Segera saya bergabung dalam antrean tersebut. Tak lama kemudian, seorang security membagikan borang sambil menanyakan apa keperluan kami masing-masing. Ketika tiba di tempat saya, diapun bertanya hal serupa. Saya jelaskan maksud saya sekaligus saya tunjukkan surat pengantarnya. Sejurus kemudian dia bagikan borang yang harus diisi dan saya diarahkan untuk pindah antrian. Aha.... lumayan..., sekarang antrian saya baru dan belum ada yang ngantri satupun, alias sayalah yang nomor satu.

Setelah melengkapi borang dan melampirinya dengan surat pengantar tersebut, saya dipersilakan oleh Puan Security tersebut untuk segera menuju loket. Di loket tersebut saya serahkan semua berkas..., diperiksa..., dan.... beres. Sayapun diarahkan untuk membayar biaya administrasi di loket kasir. Setelah bayar sebesar $Sin 7 dan menerima resit (kwitansi pembayaran), sayapun diberitahu untuk kembali lagi nanti sore jam 16.00 untuk mengambil pasport dan visanya di loket pertama tadi.

Beres..., sekarang untuk sementara menjadi pendatang haram di Singapore hingga pukul 16.00 nanti. Karena saya tak berbekal dokumen apapun selain resit dari permohonan visa tersebut. Selanjutnya, sambil menunggu jam 16.00, kami berencana menuju ke pulau reklamasi rekreasi Sentosa Island (baca di Wisata di Sentosa Island).

Setelah puas berpusing-pusing di Pulau Sentosa, kami segera menuju ke High Commission lagi dengan menumpang MRT (Mass Rapid Transit) dari Harbourfront ke Outram Park (jalur North East Line/NE), kemudian pindah jurusan dari Outram Park - City Hall (jalur East West Line/EW). Stasiun MRT City Hall tak jauh letaknya dari gedung High Commission. Dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati pedestarian yang nyaman dan aman, kamipun sampai di gedung yang dituju.


Peta jaringan MRT di Singapore

Jam baru menunjukkan pukul 15.30 ketika kami sampai. Iseng dan ingin coba-coba, segera saya menuju loket yang tampak lengang. Saya tanyakan visa saya sembari menunjukkan resit pembayaran. Petugas loket dengan singkat berkata, "Belum siap (selesai), nanti jam 4". OK-lah..., sayapun berundur ke kursi tunggu. Tepat jam 16.00, saya menuju loket yang dimaksud sambil menunjukkan resit, dan visapun sudah di tangan. Saya salut dan angkat topi pada pelayanan di kantor perwakilan negara Malaysia di Singapore ini, tepat waktu, tertib, dan nyaman.

Acara resmi selesai, segera kami menuju ke Masjid di dekat gedung Ministry of Manpower di Merchant Road dengan berjalan kaki menyusuri Hill Street menuju New Bridge Road. Setelah selesai Sholat jamak ta'khir, kamipun melanjutkan perjalanan pulang.

Dari Ministry of Manpower, kami ke stasiun MRT Clarke Quay menikmati perjalanan 1 menit ke stasiun Dhoby Ghaut (jalur NE). Kemudian berganti MRT dari stasiun Dhoby Ghaut ke Kranji (jalur North South Line/NS), melewati 15 stasiun MRT lainnya. Turun di Kranji, kami lanjutkan perjalanan dengan menumpang Bus menuju Malaysia melalui Woodlands kembali.

******

Malaysian High Commission (Commision) Singapore

Working Days: Monday to Friday

Submission Hours: 8:00am to 11:30am

Collection Hours: 2:30pm to 4:15pm - Next Working Day

oooOOOooo