Jumat, Januari 21, 2005

Merayakan Iedul Adha 2005

Hari raya Qurban yang biasa kita kenal dengan Iedul Adha 10 Dzulhijjah , pada tahun ini (1425 H) jatuh bertepatan dengan tanggal 21 Januari 2005 M. Bagi kami sekeluarga, ini adalah perayaan Iedul Adha yang pertama di negara jiran Malaysia.

Kami perhatikan, gema takbir pada malam hari raya di sini terasa kurang begitu membahana, sepi. Syiar perayaannya masih kalah meriah bila dibandingkan dengan di negara kita. Tidak seperti yang biasa kita dengarkan di negara kita, gema takbir di mana-mana, meriah mulai dari kampung-kampung di pelosok hingga kota-kota besar.

Pagi harinya, kami melakukan sholat Ied di Masjid Sultan Ismail yang berada di dalam kawasan kampus UTM-Skudai, Johor Malaysia. Sholat Ied dimulai pada pukul 08.00 waktu Malaysia. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban pada pukul 10.00 di Desa Bakti UTM-Skudai. Para mahasiswa yang tinggal di lingkungan kampus (terutama yang berkeluarga), mendapatkan kupon dari Ahli Jawatan Kuasa (Panitia) untuk mengambil daging qurban. Pelaksanaan pengagihan (pembagian) daging qurban dilaksanakan pada pukul 14.00.

Bagi kami para pelajar Indonesia yang berada di UTM, mempunyai adat kebiasaan tersendiri. Daging kurban yang kami dapatkan, biasanya akan kami kumpulkan dan kemudian kita masak dan nikmati bersama-sama. Dan alhamdulillah, selalu mencukupi. Seperti pada siang ini, kami berkumpul di rumah pak Rachmat Mudiyono di Blok L-17 Kolej Tun Husein Onn, untuk bersama-sama "nyate" dan pesta gulai daging sapi qurban. Lihatlah sebagian fotonya.....


Persiapan pesta sate dan gulai daging sapi


Proses pembakaran sate oleh Pak Pri, cs


Sebagian daging sate yang sudah siap

oooOOOooo